Peluang Budidaya Tanaman Buah Naga dalam Pot

 

BEBERAPA waktu yang lalu, saya mendapat kiriman foto seorang tetangga kampung halaman. Dia mengirim foto buah naga dalam pot yang dimilikinya yang sedang berbuah yang telah berpindah tangan alias dibeli orang dengan harga lumayan tinggi, Rp. 250.000,- satu pot. Awalnya dia tak berniat menjual buah naga itu, namun orang yang katanya dari Surabaya langsung memberi uang.


Bagi saya ini menarik karena harga jualnya ternyata lumayan tinggi, meskipun saya tak tahu pasti berapa harga “resmi” yang ada dipasaran untuk tanaman buah naga dalam pot. Sementara ini harga jual buahnya, di kawasan Wonosalam, Jombang, saat ini harganya sekitar Rp. 10.000,- untuk jenis buah naga yang kulit dan buahnya berwarna merah.

Dan tentu penanaman buah naga dalam pot akan memberi nilai tambah secara ekonomi, sebagai sumber gizi dan sumber mineral, juga sebagai tanaman hias. Bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan, terutama yang tidak mempunyai lahan luas.

Lalu bagaimana cara menanam buah naga dalam pot ini? Buah naga yang termasuk keluarga tanaman kaktus ini cara membudidayakannya relatif mudah dan tanaman ini cukup bandel dengan kondisi lingkungannya. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan untuk menanam buah naga dalam pot antara lain:

Siapkan Pot dan Media Tanam
Pot yang bisa digunakan bisa pot yang terbuat dari semen, gerabah atau tanah liat, atau plastik dan sebagainya. Untuk ukuran potnya minimal mempunyai diameter 40 cm. Sementara untuk media bisa menggunakan campuran pasir, tanah, pupuk kandang dan kompas dengan perbandingan 2:1:3:1.

Tiang Penyangga atau Panjatan
Tiang panjatan ini berguna untuk menopang tanaman buah naga sehingga tidak roboh, terutama ketika bercabang dan berbuah lebat. Tiang panjatan ini harus kuat dan tahan lama karena tanaman buah naga umumnya berumur panjang. Bisa dibuat dari beton semen ataukayu balok dengan diameter sekitar 10 cm dan panjang sekitar 1 meter, tergantung dari ukuran pot yang dipakai.

Penanaman dan Pemeliharaan
Setelah media selesai dibuat, tanaman buah naga siap di tanam. Bibit buah naga diambil dari tanaman yang sehat dan tua dengan panjang sekitar 30 cm. Ditancapkan dengan kedalaman 10 cm dan berada di sekitar tiang panjatan. Tanaman buah naga yang telah ditanam harus disiram secara teratur dan harus diletakan di ruang terbuka denga sinar matahari yang penuh. Untuk pemeliharaannya meliputi pemupukan, penyiraman, dan pemangkasan cabang, serta pengikatan batang atau cabang pada tiang penyangga.



5 komentar:

  1. pasti kalau sudah berbuah dalam pot gitu kita jadi malas untuk menjual dan makan sendiri yaaa, keren dan unik ga perlu lahan luas

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus

  2. Di Banyuwangi ada kebun buah naga ORGANIK yg sudah terbukti di laboratorium (kualitas organik nya). Sdh 2x diadakan pelatihan ttg Budidaya Buah Naga Organik ini, peserta dr Bekasi, Bojonegoro, Jember, dan masyarakat Banyuwangi tentunya. Banyak manfaat buat kesehatan & kecantikan.

    BalasHapus

J-Theme