Cara Memilih Bibit Ayam Kampung

 

DEWASA ini seiring dengan pertumbuhan ekonomi menyebabkan permintaan akan daging ayam buras meningkat. Selain itu, kesadaran akan kesehatan, yang menganggap daging ayam kampung lebih sehat dan alami, karena pemeliharannya nyaris tidak menggunakan obat-obatan kimia sintetis, juga menyebabkan permiantaan daging ayam meningkat. Tentu ini menjadi peluang bisnis yang baik bagi masyarakat atau peternak ayam kampung. Peternak harus lebih meningkatkan produksinya untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sumber: gambargratis.com

Nah, salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan produksi ayam kampung adalah diawali dengan pemilihan bibit ayam kampung yang baik. Dengan memilih bibit ayam kampung yang baik, maka produksi akan bisa ditingkatkan. Adapaun cara memilih bibit ayam kampung adalah sebagai berikut:

Untuk Indukan Betina: Untuk bibit yang akan dijadikan indukan ciri-cirinya antara lain, ayam secara fisik harus sehat dan tidak cacat, gerakannya lincah dan gesit, kondisi mata bening dan bulat, rongga perut elastis, tidak mempunyai sifat kanibal, bebas dari berbagai penyakit, dan berumur antara 5 sampai 12 bulan.

Untuk Pejantan. Untuk bibit yang akan dijadikan pejantan ciri-cirinya antara lain, ayam harus sehat dan tidak cacat, berpenampilan tegap, bulu halus, mengkilap dan tidak lepek, tidak mempunyai sifat kanibal, dan berumur antara 8 sampai 24 bulan. Untuk jumlah indukan, antara betina dan pejantan perbadingannya adalah maksimal 10 betina dengan 1 pejantan. Hal ini dilakukan perbandingan sedemikian untuk menjaga kualitas sperma pejantan tetap berkualitas.

Demikianlah cara memilih bibit ayam kampung yang baik. Dengan pemilihan bibit yang baik kita berharap produktivitas peternak bisa lebih tinggi dan keuntungannya juga lebih tinggi serta yang tak kalah pentingnya adalah kebutuhan masyarakat atau konsumen akan daging, sebagai salah satu sumber protein hewani, bisa terpenuhi.



1 komentar:

  1. Pengin banget beternak ayam buras, tapi tempat tidak memungkinkan, tidak ada tempat kosong, bisa apa tidak dibuat kandang?

    BalasHapus

J-Theme