Inilah Lokasi Segitiga Emas Penghasil Durian

 

KALAU di kawasan lain di salah satu "sudut" dunia ada kawasan segitiga bermuda, yang terkenal "angker," maka di Jombang dan Malang juga mempunyai tempat yang menarik sebagai kawasan segitiga emas. Ya, segitiga emas penghasil durian, yang meliputi Kecamatan Wonosalam (Jombang), Kecamatan Kasembon dan Kecamatan Ngantang (Malang). Ketiga daerah itu merupakan sentra penghasil durian dengan bergam jenis atau varian yang berkualitas dan dengan segala keunggulannya.

Durian Wonosalam (Dok. Pribadi)

Secara geografis lokasi daerah ini memang masih dalam satu gugusan pegunungan, meskipun berbeda administrasinya. Kecamatan Ngantang dan Kecamatan Kasembon masuk wilayah Kabupaten Malang, sementara Kecamatan Wonosalam masuk wilayah Kabupaten Jombang.

Selain beragam varian durian yang dihasilkan dari kawasan segitiga emas ini, juga dikenal menhasilkan durian-durian unggul. Kecamatan Ngantang misalnya, menghasilkan Durian Jingga yang memiliki tekstur dan struktur struktur daging buah yang tebal, berwarna jingga, rasanya manis dan legit, dan terasa kesat atau tidak lengket.

Sementara itu di daerah Wonosalam, yang sangat terkenal adalah jenis Durian Bido. Durian Bido ini merupakan durian endemik dan menjadi buah khas Wonosalam. Selain itu Durian Bido juga menjadi buah unggulan dan telah dilepas sebagai Varietas Ung gul yang ditandai dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 340/Kpts/SR.120/5/2006.

Ketiga daerah ini menghasilkan durian dengan rasa dan aroma yang beragam. Rasa dan aroma buah durian dipengaruhi oleh kandungan gula, alkohol, dan pengaruh kondisi iklim dan tekstur tanah. Dan yang jelas, durian  tersebut mempunyai nilai komersial yang tinggi. Anda tertarik berkunjung ke lokasi segitiga emas penghasil durian ini?



2 komentar:

J-Theme