Manfaat Berkebun Buat Kesehatan

 

MUNGKIN bagi sebagian orang, aktivitas berkebun merupakan aktivitas yang seringkali dijauhi karena dianggap kurang berarti dan merupakan aktivitas “kotor” dan penuh “noda”. Namun dibalik “kotoran” dan “noda” yang ditimbulkan, ternyata aktivitas berkebun mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya manfaat kesehatan fisikal, tetapi juga manfaat kesehatan mental maupun kesehatan finansial.

foto: thejakartapost.com

Pun demikian, sebenarnya berkebun tak harus berkotor-kotor, asal kita mau memakai “seragam” standar. Kita harus melengkapi diri dengan pakaian serba panjang, topi, sarung tangan dan sepatu. Selain untuk meminimalisasi kotoran, juga untuk keamanan kita sendiri.


Manfaat kesehatan fisikal

Dengan berkebun ternyata mampu membakar kalori kita karena adanya aktivitas gerak dinamis seperti mencangkul, memangkas ranting, mencabut rerumputan atau gulma. Tentu cara ini sangat baik bagi kita yang sedang melakukan proses penurunan berat badan dan/atau menjaga berat badan pada bobot yang ideal.

Selain itu berkebun juga mampu menguatkan tulang. Ini juga karena adanya aktivitas yang sedikit menggunakan tenaga ekstra, seperti mencangkul, mengangkat, dan mencabut rerumputan. Aktivitas seperti ini tentu sangta baik dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah kerapuhannya.

Kemudian, manfaat berikutnya adalah mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes melitus. Aktivitas berkebun bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes dengan cara menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta kadar gula dalam darah. Tentu saja untuk hasil optimal, aktivitas berkebun harus dilakukan secara teratur.

Manfaat kesehatan mental

Berkebun ternyata juga mampu dijadikan cara untuk menyegarkan pikiran dan mengurangi stres. Ketika berkebun, tentu membuat kita selalu berpikir dan membuat perencanaan sehingga aktivitas berkebun kita bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Atau bisa juga aktivitas berkebun mengharuskan kita melakukan penataan sedemikan rupa sesuai keinginan kita. Dengan berkebun, kita tidak akan mudah lupa dan selalu belajar dan berpikir membuat perencanaan yang lebih baik. Selain itu, dengan berekbun bisa mengalihkan rutinitas kita sejenak sehingga kita terbebas dari tekanan-tekanan aktivitas rutin kita.

Manfaat kesehatan finansial

Berkebun jika dilakukan dengan serius, tentu secara ekonomi akan bisa menghasilkan keuntungan. Kita bisa melakukan, misalnya penanaman tanaman hias yang bernilai ekonomi dan layak jual. Atau bisa juga menanam tanaman toga ataupun tanaman dapur, yang meskipun tidak dijual, tetapi bisa dimanfaatkan langsung untuk keperluan sendiri. Tentu ini sangat baik untuk menjaga stabilitas dan kesehatan keuangan kita.

Demikianlah beberapa manfaat dari aktivitas berkebun. Masih ragu untuk “berkotor-kotor” dan penuh “noda”?



1 komentar:

  1. memang betul apalagi kalau kebunnya menghasilkan sayuran yang bsai dikonsumsi sendiri

    BalasHapus

J-Theme