Hadirilah Aksi 215: Bancakan Salak Wonosalam 2017!

 

Sumber: FB Yitno Utomo

MASYARAKAT Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang sebentar lagi akan punya "hajatan akbar" yaitu menggelar Bancakan Salak Galengdowo Jilid II. Bancakan salak ini dalam rangka tasyakuran petani salak sekaligus untuk memperkenalkan destinasi wisata baru yang ada di Desa Galengdowo yang sejak tahun lalu sudah mengukuhkan diri sebagai desa wisata. 

Acara bancakan salak akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pengajaran pada hari Minggu, 21 Mei 2017. Serangkaian acara lainnya juga akan mengiringi untuk memeriahkan acara bancakan salak. Diantaranya pameran produk UMKM, pagelaran Kuda Lumping, Drumband dan Patrol, serta Tari Remo Massal.

Adapun salak yang akan dibuat bancakan sekitar 2017 kilogram atau 2,17 ton, menyesuaikan tahun gelaran. Salak akan dibuat gunungan semacam tumpeng raksasa yang akan diletakkan di tengah lapangan untuk dibagi ke seluruh masyarakat. 

Perlu diketahuni bahwa salak pondoh dari Desa Galengdowo merupakan salak yang memiliki spesifikasi rasa yang khas, manis dan renyah. Bentuk buahnya kerucut dan cembung, warna kulit mining kekecoklatan dan warna daging buah putih kekuningan. Pada tahun 2013 telah disusun Standard Operation Procedure (SOP) salak pondoh Desa Galengdowo yang spesifik lokasi. Kemudian pada tahun 2014 dilakukan Sekolah Lapang Good Agricultural Procedure / SL - GAP. 

Setelah dua tahun pelaksanaan SOP salak, petani salak yang tergabung dalam Kelompok Tani Salak Indah Lestari, mendaftarkan sertifikasi kebun salak ke Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur. Pendaftaran pertama ini baru diikuti 11 orang petani yang kebun salaknya sudah produktif. Pada hari Kamis, 21 januari 2016, Registrasi Lahan Kebun Salak di Desa Galengdowo telah "LULUS" dan diikuti penyerahan piagam sertifikasi lahan dari tiap petani pendaftar. Hal ini berarti bahwa pelaksanaan usaha budidaya salak telah sesuai dengan standard GAP (Sumber: Wenny Rosalina).

Jadi, buah salak yang dihasilkan petani Galengdowo Wonosalam ini kualitasnya sangat berkelas dan aman karena bebas pestisida alias racun. Tertarik? Ayo, Hadirilah Aksi 215: Bancakan Salak Wonosalam 2017.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme