Peluang dan Potensi Pertanian di Indonesia

 

Sumber gambar: republika.co.id
SAAT ini Indonesia mempunyai potensi dan peluang yang sangat besar dalam mengembangkan pertanian bahkan bisa menjadi leading sector dalam pembangunan nasional. Bukan saja karena sejak dulu Indonesia juga disebut sebagai negara agraris, negara yang sebagain besar aktivitas ekonominya terkait dengan dunia pertanian, tetapi ini bisa dilihat dari struktur ekonomi yang terbentuk. Setidaknya saat ini misalnya, dalam struktur pembentukan pendapatan nasional, sektor pertanian menyumbang sekitar 40 persen nilai tambah dalam perekonomian nasional. Tentu ini sangat besar dan masih menjadi tumpuan perekonomian nasional.

Selain itu, sektor pertanian juga mampu menyerap tenaga kerja sekitar 70  persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Tentu saja ini sebuah angka yang sangat besar dan menunjukan bahwa sektor perekonomian bisa menjadi bumper dalam mengatasi pengangguran.

Sektor pertanian juga berperan dalam penyediaan pangan masyarakat. Kita tak bisa memungkiri bahwa sektor pertanianlah yang bisa menghasilkan pangan. Keberhasilan dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok beras telah berperan secara strategis dalam penciptaan ketahanan pangan nasional yang sangat erat kaitannya dengan ketahanan sosial, stabilitas ekonomi, stabilitas politik, dan keamanan atau ketahanan nasional.

Berikutnya adalah kegiatan pertanian umumnya bersifat resource based industry. Tidak ada satupun negara di dunia seperti Indonesia yang kaya dan beraneka sumberdaya pertanian secara alami. Kenyataan telah menunjukkan bahwa di pasar internasional hanya industri yang berbasiskan sumberdaya yang mempunyai keunggulan komparatif dan mempunyai konstribusi terhadap ekspor terbesar, maka dengan demikian pengembangan agribisnis di Indonesia lebih menjamin perdagangan yang lebih kompetitif.

Terakhir, kegiatan pertanian mempunyai keterkaitan ke depan dan ke belakang yang sangat besar. Kegiatan pertanian jika dampaknya dihitung berdasarkan multiplier effect  secara langsung dan tidak langsung terhadap perekonomian diramalkan akan sangat besar dan sangat menguntungkan bagi roda perekonomian suatu bangsa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme