Cara Sederhana Membedakan Beras Asli dengan Beras Plastik

 

HEBOH beras bercampur dengan bahan baku plastik akhir-akhir ini sangat mengkwatirkan. Betapa tidak, beras merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, tentu akan sangat membahayakan kesehatan bila dikonsumsi manusia. Salah satu dampaknya adalah bisa memicu kanker. Oleh karena itu, kita harus tetap waspada, jangan sampai kita menjadi korban karena ketidaktahuan kita akan beras yang tercampur material plastik ini.

liputan6.com


Lalu bagaimana cara membedakan antara beras asli dengan beras plastik? Berikut cara sederhana membedakan beras asli dengan beras plastik:

  1. Perhatikan dengan seksama tekstur dan warna dari butiran beras itu. Beras asli tekstur dan warnanya agar pudar dan tidak berkilau jika terkena cahaya. Sebaliknya beras sintetis berbahan plastik akan tampak lebih cerah dan berkeliau. Beras asli juga memiliki guratan dari bekas sekam padi, sedangkan beras plastik tidak memiliki guratan.
  2. Dengan cara memasukkan beras segenggam atau beberapa genggam beras yang dicurigai bercampur plastik ke dalam baskom berisi air. Kemudian biarkan beberapa saat. Beras yang asli akan segera tenggelam dan mengendap di dasar baskom, sementara beras plastik akan tetap terapung di permukaan.
  3. Dengan cara menggiggit butiran beras. Beras asli akan mudah patah, semenrata beras plastik lebit liat dan tak mudah patah.



1 komentar:

  1. Wah mksh p jun referensiny tentu sgt bermanfaat bg ibu2 Krn beras adlh sahabat setia ibu dlm mnjlnkn tugas mulia

    BalasHapus

J-Theme