Inilah 5 Manfaat Biji Semangka

 

PADA musim kemarau atau panas seperti saat ini, mengonsumsi buah-buahan sepertinya menjadi makanan wajib, tak terkecuali konsumsi buah semangka. Dan memang panen raya buah semangka pada umumnya bertepatan dengan musim kemarau. Jika musim panen tiba, banyak pedagang buah dadakan yang menjual buah semangka di pinggir-pinggir jalan dengan aneka jenis buah semangka. Ada yang berbentuk lonjong, bulat, semangka dengan daging warna merah dan kuning, semangka dengan biji maupun tanpa biji.

Sumber: vemale.com
Nah, selama ini sebagian besar dari kita lebih memilih dan mengonsumsi semangka tanpa biji. Selain rasanya yang lebih manis, mengonsumsi semangka tanpa biji tentu lebih lebih praktis daripada mengonsumsi semangka yang berbiji. Namun tahukah kita, ternyata semangka dengan bijinya kalau kita konsumsi akan memberi manfaat besar terhadap kesehatan kita.

Menurut boldsky.com, ada beberapa manfaat dari biji semangka untuk kesehatan jika kita mengonsumsinya:
  1. Sumber Asam Amino Alami. Tubuh kita membutuhkan asam amino untuk berbagai aktivitas. Tubuh mendapatkan asam dalam bentuk asam glutamat dan tryptophan. Meskipun itu bisa didapat dari obat-obatan yang tersedia hari ini, tetapi dokter selalu menganjurkan untuk mendapatkan asam dari sumber alami. Biji semangka adalah sumber alami asam itu. Mengkonsumsi biji semangka dapat meningkatkan sistem metabolisme, kesehatan seksual, dan sistem organ kardiovaskular.
     
  2. Persediaan Magnesium. Magnesium adalah salah satu mineral yang paling penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Menurut pendapat ilmu kedokteran, 100 gram biji semangka menyediakan 139 persen dari jumlah yang diperlukan magnesium untuk tubuh. Hal ini dapat mempercepat metabolisme, sintesis protein, dan menormalkan tekanan darah.
     

  3. Kesehatan Seksual. Ini adalah salah satu manfaat kesehatan yang paling signifikan dari biji semangka. Biji ini mengandung lycopene dan beberapa vitamin. Ini sangat baik untuk tujuan seksual dan meningkatkan kapasitas kesuburan pria. Kehadiran beberapa vitamin yang cukup baik untuk mendapatkan darah yang sehat. Mereka mempertahankan aktivitas sistem saraf dan membangun sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

  4. Melawan Diabetes. Bagi penederita diabetes, maka rebusan biji semangka dalam air selama 40-45 menit dapat menjadi alternatifnya. Hal ini dapat memperbaiki kekurangan insulin yang menimbulkan diabetes.

  5. Mempertajam Ingatan. Biji semangka dapat membangun kekuatan ingatan kita. Mengonsumsi biji semangka dapat membantu mempertajam daya retensi ingatan.

Demikian manfaat dari buah semangka, salah satu produk pertanian yang populer dan banyak dibudidayakan oleh masyarakat kita. Semoga bermanfaat!



5 komentar:

  1. Sekarang susah nyari semangka berbiji. Di Supermarket kebanyakan yg dijual semangka tanpa biji. :(

    BalasHapus
  2. Wah ternyata biji semangka kaya akan manfaat. Aku bener-bener baru tahu kak. Selama ini kalau aku makan semangka, bijinya pasti aku buang. Takut tumbuh di perut kak hehehe

    BalasHapus
  3. Widihhhh, biasanya beli semangka nonbiji sih :D

    BalasHapus
  4. artinya kalau termakan bijinya gak apa-apa dong??/ asik jadi gak usah memilah-milah dulu

    BalasHapus
  5. keren ka, bhkan bukan hanya bijinya, buahnya jg memliki seabrek manfaat
    25 KHASIAT AJAIB SEMANGKA YANG BELUM ANDA TAHU

    BalasHapus

J-Theme