Manfaat Daun Pisang yang Membuat Lebih Sehat dan Hemat

 

PERNAH makan dengan menggunakan daun pisang sebagai piring atau sebagai tempat makanan? Kalau belum pernah, kita tentu merugi setelah mengetahui manfaatnya. Makan di atas daun pisang ternyata mempunyai banyak manfaat. Mulai dari manfaat kesehatan sampai manfaat ekonomi (hemat). Di desa-desa cara ini masih bisa ditemui. Dulu, santri-santri di pondok pesantren sering makan “berjamaah” dengan menggunakan daun pisang sebagai alas makanan. 

Sumber Gambar: reseponline.info

Akhir-akhir ini pun, banyak penjual makanan atau resto yang menyajikan makanan di atas daun pisang, meskipun tetap diberi tatakan piring. Demikian juga dengan para pembuat kue atau jajanan tradisional. Seringkali daun pisang dijadikan pembungkus atau alas ketika memasak dan/atau menyajikannya. 

Nah, dibalik penggunaan daun pisang itu, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa kita dapat:

Pertama, kesehatan. Daun pisang diketahui mengandung senyawa yang disebut polifenol, seperti EGCG, yang juga ditemukan dalam teh hijau. Polifenol adalah antioksidan alami yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit. Makanan yang disajikan di atas daun pisang dapat menyerap folipenol dari daun pisang yang baik untuk kesehatan kita. Selain itu, daun pisang dipercaya sebagai antibakteri yang dapat membunuh kuman dalam makanan.

Kedua, aroma. Aroma yang dihasilkan lilin daun pisang saat makanan panas ditempatkan di atasnya, membuat makanan terasa dan beraroma lebih enak. Dengan ini, kita yang mengalami gangguan nafsu makan dapat lebih berselera, sehingga kebutuhan nutrisi Anda dapat terpenuhi lagi.

Ketiga, bebas bahan kimia. Daun pisang tidak memerlukan banyak pembersihan, mereka hanya perlu dibersihkan dengan sedikit air untuk siap digunakan. Sementara itu, piring perlu dicuci dengan banyak air dan sabun yang dapat meninggalkan residu atau sisa bahan kimia, dan bisa mengontaminasi makanan.

Keempat, hemat dan ramah lingkungan. Menggunakan daun pisang (terutama di desa) sebagai piring makan, relatif lebih hemat jika menggunakan wadah lain. Selain itu, penggunaan daun pisang lebih ramah lingkungan karena mudah didegradasi secara alami. Beda misalnya dari bahan beling atau plastik yang sulit terurai. 

Demikianlah manfaat daun pisang ketika digunakan sebagai “piring” makan. Ingin mencoba?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme