Fantastik, Petani Kangkung Ini Untung 97,2 Juta Sekali Tanam!

 

SIAPA sangka seorang petani hidroponik ini bisa mendapat untung besar dari  bertanam kangkung. Ia bisa mendulang 97,2 rupiah. Sebuah angka yang luar biasa besar. Melalui halaman akun facebooknya, Charlie Tjendapati, begitu namanya, membagikan kisah dan pengalamannnya serta berbagi tips dalam bertani kangkung secara hidroponik.


Berikut penuturan Charlie Tjendapati yang saya kutip dari akun FB-nya:

Cuma kangkung....

Berminggu ini diundang hadir buat berbagi di beberapa kebun seputaran Jawa Barat, untuk sharing dan bertukar pengalaman. Menyenangkan dan menjanjikan banget. Bukan buat sombong atau pamer, tetapi semoga jadi suatu referensi bagi generasi muda tentang kehidupan bertani. Bertani bisa menjadi penunjang kehidupan, seperti aq bisa menunjang kehidupan keluarga dan orang lain.

Balik lagi ke kangkung....

Hidroponik ini menggunakan paralon ajjah, karena kami cuma ahli melubangi paralon dan sesuai dengan kantong.

Jumlah lubang tanam ada 86.400 lubang.

Sekilo kangkung ada 64 tanaman dalam 16 net pot, berarti isi net pot ada 4 tanaman kangkung (kadang 5 atau 6). Berarti jumlah panen ada sekira 86.400 : 16 = 5400 kg.

Jika panen kangkung berumur 20 HST, maka setiap 10 hari akan dipanen sekira 2700 kg, dalam sebulan akan dipanen 8100 kg.

Harga kangkung Rp. 12.000/kg , maka akan didapat pendapatan sekira 8100 kg x Rp. 12.000 = Rp 97.200.000.

Fantastis!

Memang biaya investasi dan pengeluaran bulanan juga besar, tapi tetap akan ada margin yang besar buat sang empunya.

Masih ada yang bilang jadi petani itu ga menyenangkan?



Begitulah pengalaman dari Charlie Tjendapati dalam bertani kankung secara hidroponik yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Ada yang tertarik mengikuti jejaknya?

Sumber Gambar: FB Charlie Tjendana



1 komentar:

J-Theme